Friday, November 6, 2009

Vieri : Inter Dalang Calciopoli

Mantan penyerang Inter Milan Christian Vieri membuat pernyataan mencengangkan dengan menuduh presiden La Beneamata Massimo Moratti yang menjadi otak dibalik skandal Calciopoli pada tahun 2006 lalu.

Vieri mengaku bila Moratti sengaja merancang Calciopoli agar rival terberat Inter, Juventus, turun kasta ke Serie B sehingga timnya bisa menjadi klub terkuat di Italia.

Pria yang belum lama ini menyatakan pensiun dari sepakbola itu saat ini tengah berseteru dengan Inter dan perusahaan telekomunikasi, Telecom Italia, di pengadilan akibat penyadapan ilegal yang dilakukan terhadap dirinya.

Firenzeviola.it
melaporkan bila ada rencana penyadapan yang digagas Moratti dan Telecom Italia untuk menyingkirkan tim-tim elit di Serie A agar melapangkan jalan Inter untuk berkuasa di Italia.

Konon pemain Inter diwajibkan menandatangani dokumen untuk menutupi semua rencana Inter untuk menjatuhkan rival-rivalnya. Telepon Vieri pun disadap untuk memastikan sang pemain tak membocorkan rencana Moratti tersebut.

"Saya siap menunjukkan kepada semua orang dokumen tersebut, semua orang harus tahu apa yang terjadi. Saya dimata-matai karena saya tidak dapat menjaga hal-hal itu tetap terkunci," ujar Vieri seperti dilansir Goal.com.

"70 persen dari kontrakku dibayar oleh Inter dan 30 persen lainnya oleh Telecom yang menggunakan saya untuk kampanye iklan sehingga mereka dapat membayar pajak lebih rendah."

"Saya hanya pernah berbicara mengenai ini (rencana Calciopoli) kepada Rinaldo Ghelfi dari Inter, menyetujui segalanya dengan dia," sambung Vieri.

"Saya sangat menyesal terhadap yang dialami Juventus karena saya punya kasih sayang untuk mereka. Sama dengan Milan. Saya pikir saya telah melakukan sesuatu yang baik untuk presidenku yang telah banyak menjual dalam hal memiliki kepribadian ganda," tegas Vieri.

Kasus Calciopoli menguncang Italia pada musim panas 2006. Juventus menjadi pihak yang paling dirugikan akibat kasus tersebut dimana mereka harus turun kasta ke Serie B serta kehilangan dua gelar Scudetto yang didapat pada tahun 2005 dan 2006. Selain Juventus, AC Milan, Lazio dan Fiorentina juga menjadi korban Calciopoli.

Entah benar atau tidak ucapan Vieri ini, yang jelas sejak skandal Calciopoli terjadi, Inter dengan leluasa merajai Serie A dimana mereka memenangi tiga Scudetto beruntun, padahal sebelumnya I Nerazzurri tidak pernah juara sejak tahun 1989.

Teori konspirasi pada skandal Calciopoli memang sempat mencuat beberapa waktu lalu dimana Moratti, presiden Telecom Tronchetti Provera serta mantan presiden FIGC Guido Rossi konon menjadi otak dibalik skandal tersebut. Dua nama terakhir diketahui merupakan penggemar Inter dan juga memiliki saham tim asuhan Jose Mourinho itu.

Sumber : Ini

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More