Sunday, January 10, 2010

Milan Hancurkan Juventus


AC Milan berhasil membuktikan diri sebagai tim yang lebih baik setelah memenangi laga "Clash of the Titans" melawan tuan rumah Juventus, 3-0.

Gesekan antara Felipe Melo dengan Gennaro Gattuso pada menit-menit awal pertandingan menjadi pertanda sengitnya persaingan kedua tim. Juventus lebih banyak menguasai pertandingan, apalagi fans mendukung sepenuh hati.

Pada menit kesembilan, tendangan bebas Diego mengancam pertahanan Milan sebelum diatasi Thiago Silva. Diego kembali beraksi empat menit berselang, tapi tendangannya melebar tipis dari tiang gawang Dida.

Tempo tinggi pertandingan membuat Ciro Ferrara dan Leonardo bangkit dari tempat duduknya di bangku cadangan. Keduanya meneriakkan instruksi kepada tim masing-masing.

Setelah 20 menit, pertandingan mulai berjalan lamban. Dida dan Alexander Manninger tak banyak kesulitan dalam mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-29, Alessandro Nesta berhasil memanfaatkan kelengahan barisan belakang Juventus saat mengantisipasi tendangan penjuru Andrea Pirlo. Milan pun unggul.

Terbangun, Diego kembali mengancam lawan. Umpan tendangan penjurunya mengarah kepada Fabio Cannavaro, bola lepas dan mengarah kepada Giorgio Chiellini. Tapi, peluang tersebut mengarah tepat ke tangkapan Dida.

Saat turun minum, dukungan fans tuan rumah berubah menjadi cemoohan. Di kamar ganti, Ferrara harus berpikir bagaimana memanfaatkan lini pertahanan Milan yang sebenarnya kerap teledor.

Tak ada perubahan pada babak kedua dan Juventus langsung berinisiatif memegang kendali pertandingan. Namun upaya Bianconeri, termasuk dua peluang Chiellini, tak ada yang merepotkan Dida.

Rossoneri tampak lebih senang mempertahankan keunggulan sepanjang 15 menit pertama babak kedua. Juve pun coba meningkatkan tekanan dengan memasukkan Alessandro del Piero sebagai ganti Hasan Salihamidzic.

Sayangnya, Juventus malah tak bisa mencegah upaya Milan memperlambat tempo pertandingan. Malahan, menit 68, niat Manninger mengatasi peluang Marco Borriello malah membuatnya bertabrakan dengan sesama rekan sendiri.

Pada menit ke-71, Milan berhasil menggandakan keunggulan. Lagi-lagi lewat bola mati, Pirlo melayangkan bola ke jantung pertahanan lawan. Ronaldinho ada di sana dan menyambut umpan dengan sundulan yang tak bisa dibendung Manninger.

Konsentrasi tuan rumah mulai pecah, di dalam dan luar lapangan. Ronaldinho lolos dari pengawalan dan nyaris memperbesar keunggulan Milan. Fans Juve membakar kertas di tribun sebagai pertanda kekecewaan. Sementara, mereka yang kadung kecewa beringsut-ingsut meninggalkan tempat duduknya.

Upaya Milan bertahan di wilayah sendiri benar-benar membuahkan hasil manis. Menit 87, Dinho mencetak gol ketiga tim tamu setelah menceploskan umpan silang David Beckham yang dibelokkan Mathieu Flamini dari jarak dekat.

Tiga menit tambahan yang diberikan wasit sia-sia belaka. Milan unggul terlalu jauh dan kepercayaan diri Juventus sudah runtuh. Skor akhir 3-0 untuk tim tamu. Ferrara berjalan memasuki kamar ganti dengan wajah kelabu dan diam seribu bahasa.

Berkat kemenangan ini, Milan duduk mantap di posisi kedua dengan selisih lima poin dari tampuk klasemen Serie A Italia yang dikuasai Inter Milan.

Susunan pemain:
Juventus
Manninger; Grygera, Grosso, Cannavaro, Chiellini; Melo, Poulsen / De Ceglie (64'), Salihamidzic / Del Piero (60'), Marchisio; Diego; Amauri.
Milan Dida; Abate, Antonini, Nesta, Thiago Silva; Gattuso / Flamini (65'), Ambrosini; Pirlo, Beckham, Ronaldinho; Borriello / Huntelaar (85').

Sumber : Goal.com

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More