Tuesday, September 14, 2010

Kebebasan Beragama di Indonesia



Mungkin ada beberapa di antara kita yang pernah melihat foto tersebut. Foto tersebut saya dapatkan dari salah satu forum terbesar di Indonesia. Sungguh miris jika dibandingkan suatu kalimat yang sering kita temukan di buku pelajaran PKn saat kita masih kecil,

Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.



Kalimat tersebut tertuang dalam UUD 1945 Bab XI mengenai Agama pasal 29 ayat 2. Sebuah kalimat yang menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi pluralisme dan kebebasan beragama.

Namun apa yang terjadi seringkali berbeda dengan apa yang tertuang dalam UUD tersebut. Kebebasan beragama yang seharusnya dijamin oleh pemerintah malah diancam oleh sekelompok orang. Mereka bahkan tidak segan-segan menggunakan tindakan anarkis untuk mencapai keinginan mereka.

Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu lalu sempat ada interupsi paksa dari salah satu ormas terhadap jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Bekasi. Tidak lama, terjadi penusukan penatua dan pendeta di Gereja yang sama dan menambah panjang daftar hitam pelanggaran kebebasan antar umat beragama di negara ini.

Sekedar informasi, saya juga pernah mengalami hal yang seperti ini. Saya sebagai jemaat di Gereja GKI Citra Raya sempat mengalami kesulitan saat Gereja kami ingin mendirikan gedung sendiri. Tanah pun sudah dibeli, namun ijin pendirian gereja yang tak kunjung didapatkan membuat kami malah ditempakan di sebuah lahan yang disebut "Gereja Bersama".

Apakah yang terjadi? Apakah karena SKB 3 Menteri? Bukankah landasan konstitusional negara ini adalah UUD 1945? SKB 3 menteri itu seharusnya tak lebih besar dibandingkan landasan yang sudah kita pegang sejak negara ini berdiri.

Pada hakekatnya, beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah hak dari setiap individu yang eksklusif secara vertikal. Tidak seharusnya masyarakat yang notabene ada di garis horizontal ikut campur bahkan mengintimidasi seseorang yang ingin beribadah.

Semoga Indonesia bisa lebih baik lagi dan kerukunan beragama dapat terjalin. Peace.. ^^v

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More